PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA KEHIDUPAN DALAM MASYARAKAT BERBANGSA
DAN
BERNEGARA
1. Tujuan pembelajaran umum
Dalam pembelajaran umum kita sebagai mahasiswa di harapkan agar tetap biasa Mengaplikasikan ilmu dri pancasila yg etlah kita serap,dan kita kuasai seutuhnya khususnya terhadap masyarakat,agar bias memahami apa arti pancasila yang sebenarnya,agar kita sebagai mahasiswa dapat di akui,dan di terima sebagai calon pemimpin yg akan dating kelak kesuksesan menghampiri kita,bahwa betapa pentingnya nilai-nilai pancasila itu di kalangan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara.
2. visi pendidikan pancasila di perguruan tinggi
Menjadi sumber nilai dan pedoman penyelenggaraan program studi dalam mengantarkan mahasiswa mengembangkan kepribadiannya sebagai warga Negara intelek yang dapat di terima di kalangan masyarakat.
3. Misi pendidikan pancasila di perguruan tinggi
Membantu mahasiswa agar agar mampu mewujudkan nilai-nilai dasar pancasila, , Serta kesadaran berbansa, bernegara dalam menerapkan ilmunya secara bertanggung jaawab kemanusiaan berdasrkan nilai-nilai pancasila yang ada.
4. Tjuan pembelajaran khusus
Tujuan pembelajaran khusus merupakan nilai tertentu,dan setelah kuti peerkuliahan mahasiswa di harapkan dapat:
a. melakukan telah keritis tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia,pembukaan UUD 1945 dan pasal-pasal UUD 1945.
b. Menjelaskan dinamika pelaksanaan UUD 1945.
c. Menjelaskan system ketatanegaraan Indonesia seebagai terkandung dalam UUD 1945 sebelum dan sesuda di lakukan amandemen.
d. Menjelaskan realisasi hak-hak asasi manusia dalam Negara repoblik Indonesia.
5. mempunyai kedudukan yang tetap
Pembukaan UUD 1945 notonagoro (1983: 177) merupakan norma hukum yang pokok dan di sebut poko kaedah fundamental dari Negara repoblik Indonesia,dalam hukum mempunyai hakekat dan kedudukan yg tetap kuat dan tak berubah bagi negara yang dibentuk, dengan lain perkataan dengan jalan hokum tidak lagi dapat di ubah.
Berdasarkan pembukaan UUD 1945 merupakan satu rangkaiyan dengan proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945,karena tidak dapat di ubah oleh sipa pun,termasuk oleh MPR hasil pemilihan umum,karena mengubah isi pembukaan UUD 1945 berarti pembubaran Negara.
6. pancasila sebagai paradigm reformasi
jadi pada saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi berbagai maslah yang telah menyebabkan terjadinya krisis yang sangat luas.salah satu penyebab terjadinya maslah tersebut pancasila sebagai ideology Negara di tafsirkan secara sepihak oleh penguasa dan telah di salah gunakan untuk memprtahankan kekuasaan.
Era reformasi memberikan harapan besar bagi terjadinya menuju penyelenggaraan Negara yg lebih demokratis, transparan dan memiliki akuntabilitas tinggi serta terwujudnya good governance dan adanya kebebasan berpendapat setiap individu.
7. pancasila sebagai paradigm kehidupan kampus
Nilai-nilai pancasila harus tercermin dalam kehidupan kampus seperti:
a. Di kampus tersedianya sarana dan prasarana untuk beribadah bagi sivitas akademik, serta adanya kesempatan bagi sivitas akademika, untuk beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing. Semua mahasiswa memperoleh hak mereka untuk mendapatkan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dipeluknya guna mempertebal keimanan dan keyakinan mereka.
b. Di kembangkannya rasa persamaan derajat,persamaan hak dan kewajiban asasi setiap sivitas akademik tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, jenis kelamin,kedudukan social dan sebagainya.
c. Di kembangkannya rasa cinta kepada tanah air dan bangsa, rasa bangga sebagai bangsa Indonesia,rasa persatuan Indonesia, dan kerelaan berkorban untuk bangsa dan Negara.
No comments:
Post a Comment